7 cara nambah tabungan

Tujuh Cara “Menggemukkan” Tabungan Anda
Tabungan diperlukan sebagai cadangan dan mempersiapkan masa depan.

Menabung Bermanfaat untuk Masa Depan.

Denny Armandhanu, Iwan Kurniawan | Jum’at, 10 Agustus 2012, 06:00 WIB

VIVAnews – Banyak orang yang merasa gajinya tidak cukup untuk ditabung walaupun penghasilannya sudah cukup tinggi. Padahal, tabungan diperlukan sebagai cadangan dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Pendiri Money Talks News, Stacy Johnson, seperti dilansir laman Yahoo Finance, memiliki cara mudah untuk menyisihkan pengeluaran agar seseorang bisa menabung sekarang juga dan merasakan manfaatnya di masa yang akan datang.

1. Kurangi belanja pulsa telepon
Periksa kembali kebutuhan komunikasi Anda. Apakah Anda lebih suka menggunakan layanan suara, teks, atau data. Saat ini, banyak operator telepon yang menawarkan paket-paket komunikasi tertentu dengan biaya yang lebih murah. Pelajari data di ponsel Anda dan ambillah paket yang sesuai kebutuhan, maka Anda dapat menghemat hingga Rp50.000 per bulan.

2. Berhenti jadi anggota tempat fitnes
Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk menjadi anggota di sebuah tempat fitnes? Biaya tersebut tidak perlu dikeluarkan jika Anda memiliki usaha lebih untuk bangun lebih pagi dan berlari mengelilingi komplek rumah. Tidak perlu membeli peralatan fitnes bagus untuk sehat, cukup sepasang sepatu lari yang bagus dan kuat.

3. Berhenti berlangganan TV kabel
Kenapa Anda masih menonton TV lokal jika sudah berlangganan TV kabel berbayar? Jika Anda masih ingin menonton tayangan dengan gambar yang bagus, setidaknya kurangi langganan premium channel dan bisa menghemat hingga Rp100.000 per bulan.

4. Bawa bekal makan siang
Sebuah survei yang dilakukan sebuah kantor akuntan di Amerika Serikat baru-baru ini menunjukkan bahwa lebih dari 66 persen pekerja di Amerika Serikat menghabiskan uang hingga US$2.000 per tahun untuk makan siang. Jika mau membawa bekal ke kantor, Anda dapat menghemat hingga 50 persennya.

5. Buang biaya administrasi ATM
Sadarkah Anda setiap kali menggunakan ATM dengan bank berbeda, maka akan ada biaya administrasi antara Rp5.000-10.000. Jika dalam sepekan tiga kali bertransaksi menggunakan ATM berbeda, biaya yang dikeluarkan Rp60.000 per bulan dan dalam setahun mengeluarkan uang secara sia-sia sebesar Rp720.000.

6. Jual barang yang tidak digunakan
Periksa kembali barang-barang di rumah Anda. Adakah yang tidak terpakai dan tersimpan di pojok rumah? Rajin-rajin pergi ke Pegadaian atau jual di situs jual-beli barang-barang yang tidak terpakai dan hasil penjualannya dapat digunakan untuk menggemukkan tabungan.

7. Hemat listrik rumah
Berdasarkan survei The White Fence Index, masyarakat Amerika Serikat menghabiskan rata-rata US$96,55 per bulan dan US$1.158 untuk membayar listrik. Jika bisa menghemat 30 persen pengeluaran listrik, Anda dapat menghemat US$28,96 per bulan dan US$347,58 per tahun.

Caranya mudah, cukup ganti lampu rumah dengan lampu hemat energi, naikkan suhu pendingin ruangan, dan matikan seluruh peralatan listrik begitu keluar ruangan. (art)

© VIVA.co.id

Leave a Reply