Beasiswa di USA

Salah satu program beasiswa dalam Fulbright Scholarship yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia adalah Community College Initiative Program (CCIP). Program beasiswa studi nirgelar ini diharapkan dapat dimanfaatkan para pelajar untuk mengembangkan profesionalitas mereka di tingkat community college di Amerika Serikat (AS).

Adapun bidang-bidang studi yang diprioritaskan menerima beasiswa ini adalah pertanian, teknik, bisnis dan administrasi, ilmu kesehatan (keperawatan), teknologi informasi, media, dan manajemen kepariwisataan.

Bagi yang berminat, pelamar disyaratkan memiliki ijazah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Diploma (D-1, D2 atau D3). Syarat lainnya, nilai ITP minimum 500 (IELTS 5.0) atau TOEIC 650.

Memang, lulusan sarjana (S-1) juga diperbolehkan mendaftar. Hanya saja, latar belakang pendidikannya harus berbeda dengan bidang yang akan diambil. Sementara mahasiswa atau lulusan program S-2 atau S-3 tidak dapat mengikuti program ini.

Informasi mengenai beasiswa ini bisa dilihat http://www.aminef.or.id. Batas waktu pengiriman aplikasinya masih panjang, yaitu sampai 1 November 2011.

Salah satu beasiswa yang ditawarkan Pemerintah Amerika Serikat (AS) dalam program beasiswa Fulbright 2011 ini adalah Fulbright Foreign Language Teaching (Indonesian) Assistant atau FLTA. Beasiswa ini ditawarkan kepada para pengajar Bahasa Inggris atau calon pengajar untuk mengikuti pelatihan pengajaran Bahasa Inggris.

Program beasiswa pelatihan ini akan dilaksanakan untuk satu tahun akademik atau 9 bulan di Amerika Serikat (AS). Selama itulah penerima beasiswa diwajibkan untuk mengajar bahasa dan budaya Indonesia atau Jawa selama 20 jam setiap minggu.

Bagi yang berminat, usia kandidat disyaratkan tidak lebih 29 tahun pada 1 Oktober 2011 mendatang. Kandidat harus sudah lulus sarjana (S-1) dengan IPK menimal 3.0 (skala 4.00) dengan skor TOEFL 550 atau IELTS 6.0. Selain itu, kandidat juga harus mempunyai skil kepemimpinan yang cakap dan memiliki pengetahuan seni dan budaya Indonesia yang mumpuni.

Fulbright FLTA merupakan salah satu program beasiswa dari Pemerintah AS yang digelontorkan melalui The American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) Indonesia. Selengkapnya informasi syarat dan pendaftaran beasiswa ini bisa dilihat di http://www.aminef.or.id. Batas pengiriman aplikasi ditunggu sampai 15 April 2011 mendatang.

Leave a Reply