Baru Lulus & Mau Cari Kerja? Intip Dulu Tips Jitu dari LinkedIn

Jakarta – Apakah Anda merasa sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai terbaik di bangku sekolah maupun kuliah, namun belum juga mendapatkan pekerjaan yang diinginkan? Atau, Anda sudah bekerja di suatu perusahaan tetapi mengalami stres karena merasa tidak cocok dengan pekerjaan Anda sekarang?

Tenang! Jangan berputus asa. Ada cara-cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Penting untuk diketahui bahwa untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda, hanya bermodalkan hard skill saja tidaklah cukup.

Meskipun hard skill penting, namun mengembangkan soft skill dan memiliki kepribadian yang tepat juga sama pentingnya. Dengan mengkombinasikan ketiga hal tersebut, Anda akan memperbesar kesempatan dalam meraih pekerjaan yang Anda impikan selama ini.

Dari pernyataan di atas, sering kali terlontar pertanyaan. “Jika ketiga hal tersebut memiliki andil yang sama besar dalam usaha meraih pekerjaan impian, lalu soft skill dan ciri-ciri kepribadian seperti apa saja yang dicari oleh para perekrut?”

Untuk menjawab hal tersebut, LinkedIn bertanya kepada 1.400 manager perekrutan dari perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam daftar Fortune 500.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui soft skill dan ciri-ciri kepribadian seperti apa yang diangap penting dan bernilai bagi para perekrut, ketika mereka mempekerjakan profesional muda, dari yang belum memiliki pengalaman kerja hingga yang sudah memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun.

Hasilnya, LinkedIn berhasil mengungkap bahwa memang benar ada beberapa soft skill dan ciri-ciri kepribadian yang bisa membawa Anda menuju tahap selanjutnya dalam proses perekrutan. Inilah hasil analisisnya:

Soft Skill

Menurut para perekrut, mampu menemukan serta menciptakan solusi, ketika dihadapkan pada suatu permasalahan’ dan ‘mampu mempelajari konsep baru dengan cepat’ adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki para profesional muda. Berikut di bawah ini adalah peringkat dari sembilan soft skill yang menurut perekrut penting untuk dimiliki oleh para profesional muda:

Ciri-ciri Kepribadian

Hasil survei menunjukan bahwa sebagian besar dari para manajer perekrutan mencari kandidat-kandidat yang mampu berkolaborasi dengan anggota di dalam satu tim maupun di luar tim, memiliki etos kerja yang baik, yang terus berkembang dari waktu ke waktu, dan memiliki sikap yang positif dan mampu menunjukan sikap yang optimistis.

Ketiga ciri kepribadian ini dianggap lebih penting dari ciri-ciri kepribadian lainnya, seperti menunjukan antusiasme yang tinggi ketika bekerja secara individu maupun di dalam tim, terorganisisr, tidak mudah menyerah, hingga menunjukan kemampuan dalam memimpin.

Hal ini bukan berarti bahwa ciri-ciri kepribadian lainnya tidak perlu ditonjolkan ketika interview, namun memiliki etos kerja yang baik dan sikap yang positif lebih penting dari ciri-ciri kepribadian lainnya. Berikut adalah daftar selengkapnya:

Perlu diingat bahwa, tentu saja, setiap bidang pekerjaan memiliki kebutuhan soft skill dan ciri-ciri kepribadian yang berbeda-beda. Seperti contoh:
• Bidang Penjualan: Membutuhkan profesional yang memiliki kemampuan komunikasi verbal baik, dan mampu menunjukan antusiasme yang tinggi ketika bekerja secara individu maupun di dalam tim
• Bidang Pemasaran/PR: Membutuhkan profesional yang mampu berpikir secara kreatif, mampu menunjukan antusiasme yang tinggi ketika bekerja secara individu maupun di dalam tim, dan memiliki kemampuan menulis yang baik.
• Bidang Konsultasi: Membutuhkan profesional yang memiliki kemampuan analitik dan menulis yang baik , dan memiliki kemampuan menulis yang baik.

Selain mengembangkan soft skill dan ciri-ciri pribadi, hal lainnya yang juga dapat Anda lakukan untuk mengembangkan karier adalah meningkatkan profil profesional Anda serta memperluas jaringan profesional. Dengan menggunakan LinkedIn, Anda akan mampu melakukan kedua hal tersebut. Inilah cara-caranya:

Gali Wawasan dari Para Profesional 

Untuk menjadi lebih baik dalam pekerjaan ataupun untuk mengetahui bagaimana kiat seorang seorang figur profesional bisa mencapai posisinya saat ini, galilah wawasan dari jutaan diskusi yang terjadi di LinkedIn setiap harinya.

Tidak hanya menggali wawasan dari diskusi saja, Anda juga dapat menggali wawasan dari para profesional terkemuka di dunia. Misalnya seperti Richard Branson, Bill Gates, dan bahkan Barack Obama — yang membagikan pemikiran mereka di LinkedIn, dan Anda hanya perlu menekan tombol ‘ikuti’.

Bacalah artikel-artikel profesional terkemuka untuk mendapatkan wawasan dan inspirasi. Berikut adalah peringkat dari para profesional terkemuka yang paling banyak diikuti oleh anggota LinkedIn yang berasal dari Indonesia:

Dapatkan Informasi Terbaru

Bermimpi untuk bisa bekerja di suatu perusahaan tertentu? Alangkah baiknya jika Anda mendapatkan informasi terbaru tentang perusahaan tersebut secara berkala; mulai dari informasi perusahaan, kesempatan kerja, hingga produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Saat ini dengan menggunakan LinkedIn, kita dapat dengan lebih mudah mencari, mengikuti, dan terhubung ke perusahaan-perusahaan yang Anda inginkan. Bahkan, walaupun menggunakan perangkat mobile, Anda tetap dapat terhubung kapanpun dan dimanapun, melalui aplikasi LinkedIn untuk iPhone, Android, dan iPad.

Berikut adalah lima perusahaan yang paling banyak diikuti oleh profesional di Indonesia:

Untuk bisa unggul dalam persaingan mencari kerja pada saat ini, jadilah pencari kerja yang pintar dan tidak hanya mengandalkan kemampuan akademis.

Hard skill memang penting, namun perlu diketahui bahwa orang-orang yang mampu meningkatkan karier mereka adalah mereka yang bisa menawarkan sesuatu hal yang lebih dalam pekerjaan mereka, mulai dari mampu memecahkan masalah, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki jaringan profesional yang luas, hingga mampu menyediakan wawasan-wawasan yang dibutuhkan perusahaan.

Atribut-atribut seperti ini akan bisa meningkatkan kesempatan Anda meraih pekerjaan yang Anda impikan selama ini, dan dengan memanfaatkan LinkedIn secara optimal, Anda dapat memastikan bahwa Anda mampu mengembangkan profil profesional Anda agar tetap unggul dalam persaingan mencari kerja.

Leave a Reply