Komputer seukuran Kartu Kredit

KOMPAS.com – Komputer seukuran kartu kredit dengan berat hanya 45 gram yang menarik perhatian banyak orang ini mulai dipasarkan pada Rabu (29/2/2012).

Penjualan komputer supermini ini membuat lalu lintas situs web yang menjual komputer tersebut sangat sibuk dan akhirnya dibuat menjadi situs statis.

Komputer yang diberi nama Raspberry Pi, berjalan dengan sistem operasi Linux. Komputer ini dikembangkan selama 6 tahun oleh lembaga non profit Raspberry Pi Foundation, yang terdiri dari relawan dan akademisi teknologi Inggris.

Untuk mengoperasikannya, pengguna bisa menghubungkan komputer ke monitor ataupun ke televisi, lalu mengkoneksikan keyboard dan mouse dengan Bluetooth.

Raspberry Pi saat ini ditujukan untuk penggemar software dan hardware, pehobi, guru dan siapa aja yang ingin berkreasi dengan komputer mini ini.

Dikutip dari situs resminya, Raspberry Pi ke depannya ditujukan untuk dunia pendidikan yang akan dimanfaatkan agar para siswa belajar pemrograman. Raspberry Pi untuk pendidikan bakal diluncurkan pada akhir tahun ini. Waktu tersebut akan dimanfaatkan pembuat Raspberry Pi untuk mengatasi masalah dan bug.

Raspberry Pi hadir dalam dua versi, yakni Model A dan Model B. Model A dijual dengan harga 25 dollar AS dan diperkuat dengan prosesor ARM11 700MHz dan RAM 256MB.

Model B juga dibekali spesifikasi yang sama, hanya saja tersedia port Ethernet dan 2 port USB. Model B ini dihargai 35 dollar AS.

Saat ini, pembuat Raspberry Pi sedang berkonsentrasi merakit Model B karena permintaan untuk model ini sangat banyak. Sehingga, permintaan untuk Model A akan ditunda hingga akhir 2012.

Leave a Reply