Menjaga Konsentrasi saat Bekerja

Konsentrasi sangat dibutuhkan saat bekerja. Bahkan menurut para pakar, seperti dikutip majalah Intisari, kinerja kita sangat dipengaruhi daya konsentrasi Tak hanya itu, tanpa konsentrasi seseorang akan lebih mudah melakukan kesalahan dan pekerjaan menjadi sulit diselesaikan secara baik.

Tak mudah terus menerus berkonsentrasi saat bekerja.  Apalagi jika Anda memang memiliki daya konsentrasi yang lemah. Namun, jangan khawatir ada beberapa langkah yang akan membantu Anda meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

  • Tingkatkan minat dan keterampilan kerja. Tindakan ini sangat berguna  sebagai bentuk pertahanan kita terhadap gangguan-gangguan yang akan mengalihkan perhatian. Semakin besar minat pekerjaan, maka semakin tinggi tingkat konsentrasi Anda untuk menyelesaikan  pekerjaan itu.
  • Buat jadwal dan skala prioritas kerja hingga Anda dapat mengerjakannya secara sistematis. Mulailah mengerjakan tugas terpenting hingga selesai, kemudian beralih ke tugas berikut. Jangan melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, tindakan ini bisa merusak konsentrasi Anda.
  • Lakukan pencegahan terhadap kemungkinan gangguan setiap kali Anda mulai beraktivitas. Misalnya, katakan pada teman-teman bahwa Anda tidak mau diganggu. Atau jika Anda tidak bisa bekerja di tengah suara bising, jangan menyalakan TV, radio, handphone atau benda-benda lain yang bunyinya bisa merusak konsentrasi.
  • Saat memulai aktivitas, sebaiknya Anda melupakan masalah yang mungkin sedang Anda alami. Dan usahakan untuk menyelesaikan masalah itu secepatnya. Kemudian, setiba di kantor cobalah fokuskan pikiran Anda hanya pada pekerjaan.
  • Salah satu musuh dari konsentrasi adalah kebosanan. Rasa bosan mungkin datang jika Anda bekerja terlalu lama. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi waktu kerja. Ambil istirahat selama sepuluh sampai lima belas menit. Pada masa itu, Anda perlu juga mengerjakan sesuatu yang berbeda.

Salah satu hal yang merusak konsentrasi adalah pikiran negatif. Oleh karena itu, Anda harus melenyapkan pikiran tersebut. Semua pikiran negatif bisa melemahkan motivasi yang berdampak pada lemahnya konsentrasi. Hindari pikiran: “Saya tidak bisa melakukannya,” atau “Saya tidak mampu.”  Sebaliknya, berpikirlah positif. Yakinlah dengan kekuatan dan potensi, Anda pasti bisa menyelesaikan tugas. *(VO/Sumber:www.conectique.com)

Leave a Reply