Alasan Pantang Cuci Pakaian dengan Air Panas

Merendam di dalam air dan larutan deterjen kemudian membilasnya dengan air bersih adalah cara mencuci pakaian yang benar. Namun, untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian, banyak orang yang memilih merendamnya di dalam air panas terlebih dahulu sebelum mencucinya dengan detergen. Padahal cara ini mampu merusak pakaian.
Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak seharusnya merendam pakaian di dalam air panas, seperti yang dilansir dariĀ Boldsky.
Pakaian menyusut
Jika Anda berpikir bahwa merendam pakaian di dalam air panas akan menghilangkan kotoran dan noda dari kain, Anda perlu berpikir dua kali. Air panas akan menyebabkan pakaian menyusut dan membuatnya terlihat lebih kecil sehinga saat dikenakan akan terasa ketat.
Warna memudar
Air panas memiliki kemampuan untuk mengambil warna kain. Hal ini karena suhu air mempengaruhi warna kain. Jika telah terlanjur merendam pakaian kesayangan di dalam air panas dan warna pakaian luntur, segera ambil pakaian dan rendam di dalam air dingin. Ini akan mencegah pakaian Anda kehilangan lebih banyak warna.
Benang mengendur
Air panas juga melemahkan struktur benang kain. Sama halnya dengan menggunakan kuas untuk menggosok noda atau kotoran dari pakaian.
Selain itu, perhatikan beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan sebelum merendam pakaian di dalam air panas berikut ini:
Baca label pakaian
Selalu membaca label pada pakaian. Lihat petunjuk untuk mengetahui apakah pakaian tersebut aman dicuci menggunakan air panas.
Uji coba
Lakukan uji coba terlebih dahulu pada sebagian kecil dari potongan kain sebelum merendam pakaian di dalam air panas. Biarkan selama 4-5 menit. Jika kain tidak kehilangan warna atau menyusut, Anda bisa berendam pakaian di dalam air panas dengan aman.
Waktu rendam
Jangan rendam pakaian Anda di dalam air panas lebih dari 10-15 menit. Ini dapat membuat kain menyusut.
Gunakan air hangat
Jika Anda tak punya pilihan lain untuk menghilangkan noda di pakaian, lebih baik gunakan air hangat. Itu akan melindungi pakaian dari kerusakan yang disebabkan suhu air yang panas.
Alternatif lainnya
Jika Anda menyukai pakaian Anda, maka hindari menggunakan air panas kecuali jika benar-benar diperlukan. Anda dapat menghapus noda dari pakaian dengan menggunakan alternatif lain seperti lemon, baking soda atau cuka putih.

Leave a Reply