Promo Lagu

Tentunya banyak informasi serta tips yang sudah kalian dapat dalam blog ini tentang bagaimana membuat musik digital dari kamar tidur. Sehingga saya berasumsi bahwa kalian setidaknya sudah punya minimal satu lagu andalan yang bisa diperdengarkan untuk umum.

Lalu, mau di bawa kemana lagu tersebut……?

Ya lantas mau di bawa kemana lagu yang sudah siap itu? Pertanyaan paling krusial ketika kalian memasuki tahap ini. Sekali lagi saya berasumsi bahwa kalian telah memiliki sebuah lagu yang secara teknis sudah layak dengar dan siap edar.

Pertama, kita satukan visi dulu, kita sepakat kalau tujuan kita sama yaitu ingin membuat lagu itu menjadi terkenal. Atau setidaknya bisa didengar oleh banyak orang. Sepakat?

Do it yourself (DIY) adalah cara paling popular yang diyakini kalangan musisi independen sebagai jalan terbaik menuju popularitas tanpa intervensi perusahaan rekaman. Banyak cara yang bisa kita lakukan lewat sistim DIY ini.  Diantaranya mengirimkan materi lagu ke radio yang mengakomodir artis indie. Hampir semua radio dengan segmen anak muda punya acara musik indie. Tapi buat saya itu cara lama.

Seiring hadirnya tehnologi digital, pola industri musik pun bergeser. Sekarang perbedaan antara major label, minor label, indie label menjadi kabur. Ini berimbas pada pola DIY yang juga bergeser. Sekarang kita bisa melakukan sendiri semua pola kegiatan promosi persis seperti apa yang dilakukan major-label, dengan biaya yang tak besar. Dan saya tertarik membagi tips ini kepada kalian.

Hal utama yang harus kalian punya adalah manajemen artis, entah itu manajemen professional ataupun manajemen amatir yang dikelola oleh street-team. Yang pasti manajemen harus mengetahui pola dasar sistim promosi serupa perusahaan rekaman.

Langkah pertama adalah lagu kalian yang sudah jadi itu didaftarkan ke perusahaan pengelola ring backtone (RBT) yang disebut content-provider untuk mendapatkan kode. Kalian tinggal menyerahkan lagu berdurasi 30 detik yang merupakan potongan dari lagu utuh, melengkapi administrasi dengan menandatangani dokumen mencakup pernyataan hak-cipta serta tatacara kerjasama dan lain lain. Butuh waktu paling lama 2 minggu sampai RBT bisa diunduh.  Proses ini mudah dilakukan. Cari perusahaancontent-provider yang reputasinya bagus.

Proses lainnya yang dikerjaan pararel adalah duplikasi CD sample sebanyak kebutuhan promosi. Rata-rata yang dibutuhkan adalah 500 keping, sekitar 200 – 400 keping dikirim untuk radio-radio, sisanya digunakan untuk promo media lainnya. Rata-rata radio music director sekarang ini menerima pengiriman lagu dalam bentuk single. Bahkan sebagian lagi menerima pengiriman lagu ber-format mp3 yang dikirim via email.

Disinilah fungsi manajemen yang bertindak mewakili artis sebagai minor label atau indie label. Untuk tingkat professional dibutuhkan  sebuah perusahaan sebagai payung legalitas. Tentunya manajemen harus kerja keras membangun network dengan music director. Jika lagunya layak secara teknis atau segmentasinya sesuai maka lagu itu bisa dipastikan akan diputar oleh radio.

Nah ketika sudah masuk daftar air-play, langkah selanjutnya adalah mengerahkan street-team untukrequest lagu kalian sebanyak-banyaknya sehingga bisa menempatkan single itu di chart radio. Termasuk meminta jadwal interview di radio-radio. Imbasnya, ketika lagu kalian bisa menarik perhatian banyak orang, itu adalah modal penting untuk memanjangkan langkah.

Langkah selanjutnya adalah promosi lewat media cetak. Diawali dengan pengiriman promo kit: CDsample, press release, foto, dan merchandise (kalau ada) ke media-media cetak yang sesuai dengan segmen materi lagu kalian. Peran manajemen/street-team sangat diandalkan. Tentunya network dari artis punya nilai tambah.  Proses ini disusul dengan meminta jadwal untuk interview.

Peran tak kalah penting dalam promosi adalah videoklip sebagai langkah menuju televisi.  Sekarang banyak klipmaker yang bisa membuat videoklip dengan harga yang terjangkau. Namun saya akan membahas promo via televisi pada sesi berikutnya. Setidaknya informasi penting yang harus dipahami oleh artis pemula ataupun manajemen artis bahwa stasuin tv  mensyaratkan kalau videoklip yang dikirim ke tv itu selain harus layak secara teknis serta lagunya sudah masuk ke dalam chart-chart radio nasional.

Promo lain yang wajib dilakukan adalah lewat social media. Buat saya promo ini sangat penting dan wajib dijalankan di era digital sekarang ini. Selain karena gratis, fasilitas yang ditawarkan oleh fitur-fitur dalam Twitter dan Facebook misalnya, sangat variatif serta kompatibel. Untuk mencapai hasil maksimal tergantung seberapa giat kita melakukan promo.

Inti dari promo via media adalah  bagaimana lagu kalian bisa didengar oleh orang banyak dengan media berfungsi sebagai fasilitator.  Lalu bagaimana agar kalian bisa masuk media? Dimulai dengan mengabarkan keberadaan kalian kepada media.  Karena bagaimana mungkin media mengabarkan tentang keberadaan kalian kepada masyarakat luas kalau kalian sendiri tidak pernah mengabarkan keberadaan kalian kepada media?

Namun dari semua aspek promosi yang sudah dibahas diatas, yang terpenting dan mempunya pengaruh besar terhadap keberhasilan promosi adalah lagu itu sendiri sebagai ‘barang dagangan’.

Leave a Reply