Singkong (Ubi Kayu) Jika Di Rebus / Dimasak Dengan Kelapa Bisa Menjadi Racun

Penulis : ANTS EDUCATION on Senin, 13 Mei 2013 | 10.27

Anda tahu dengan “singkong” dengan nama lain ubi kayu atau bandong dalam bahasa Sambas, dan “manggam” dalam bahasa Melayu Sambas tinggi.

Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (manihot utilissima) adalah tanaman perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbi dari ketela pohon ini terkenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat, dan daunnya sebagai sayuran. Orang Indonesia sangat senang sekali dengan singkong ini, karena daunnya bisa dijadikan lalap.

Tahukah anda sebenarnya singkong ini juga mengandung racun? Singkong rebus jika sudah dimalamkan akan mengandung racun. Sedangkan, pucuk singkong yang direbus untuk lalap, jika tersisa selesai makan malam, sebaiknya dibuang jangan disimpan. Lihatlah jika singkong lama tidak dimasak atau direbus, singkong akan cepat busuk dan berwarna hijau. Dan tahukah anda, jika ubi kayu atau singkong jika direbus atau dimasak dengan air kelapa akan menjadi racun? Dan jika, bila kita makan, atau termakan,,, maka akan fatal akibatnya.

Orang kampung pada zaman dahulu di daerah Sambas Kalimantan Barat jika akan meracun babi dan kera yang merusak tanaman mereka, mereka menggunakan rebusan ubi kayu yang direbus (dimasak) dengan  air kelapa tua. Maka hasilnya sangat mujarab sekali, babi dan kera yang memakan ubi kayu tersebut “mati”.
Penelitian ini juga terbukti di daerah Bantul, Yogyakarta oleh seorang petani yang bernama Srikaton Hartoyo dimana penelitian ini dilakukan pada tikus, dan hasilnya banyak tikus yang makan singkong rebusan air kelapa ini, yang berujung pada kematian. Penelitian ini di tujukan untuk membunuh hama tikus.

sesuai dengan pernyataan di atas, Kombinasi singkong dan air kelapa ini bisa menjadi racun dan sangat berbahaya jika di konsumsi oleh manusia.

namun jika tidak dikonsumsi secara bersamaan akan sangat bermanfaat bagi manusia. adapun kandungan dan manfaat singkong dan air kelapa sebagai berikut :
Kandungan dari setiap per 100 gram singkong ini meliputi:
1.      kalori 121 kal.
2.      air 62, 50 gram.
3.      fosfor 40,00 gram.
4.      karbohidrat 34,00 gram.
5.      kalsium 33,00 miligram.
6.      vitamin C 30,00 miligram.
7.      protein 1,20 gram.
8.      besi 0,70 miligram.
9.      lemak 0,30 gram.
10.  vitamin B1 0,01 miligram.

Selain 10 kandungan tersebut, tahukah anda manfaat lain dari singkong? Di bawah ini adalah 7  (tujuh) manfaat dari tanaman singkong atau ubi kayu (ketela pohon).
1.      untuk diet karena rendah kalori
2.      obat luka terkena benda panas
3.      mengatasi diare
4.      obat cacingan
5.      obat luka bernanah
6.      sakit kepala
7.      pencernaan

Itulah tujuh khasiat dari singkong atau ubi kayu.

Secara umum, air kelapa mengandung 4,7 % total padatan, 2,6 % gula, 0,55 % protein, 0,74 % lemak, serta 0,46 % mineral. Air kelapa muda mengandung anti bakteri, anti virus, dan anti jamur yang sama dengan air susu, serta mengandung cairan isotonik.

Buah kelapa yang sudah tua mengandung zat besi, fosfor dan gula terdiri dari glukosa, friktosa, dan sukrosa. 

Sedangkan manfaat dan khasiat air kelapa muda bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
1.      bisa mengobati demam berdarah (minum secara teratur).
2.      menghilangkan rasa lelah dan lesu.
3.      mengobati cacingan pada anak-anak.
4.      mengobati susah buang air besar.
5.      bagus untuk orang hamil.
6.      mengobati orang mabuk yang diakibatkan mengkonsumsi obat-obatan.
7.      menjaga pencernaan
8.      mengatasi mual-mul dan muntah.
9.      dapat memecahkan batu ginjal

Read more: http://www.cakrawawasan.com/2013/05/ternyata-singkong-ubi-kayu-jika-di.html#ixzz2Tgw32e97

Leave a Reply