Studi Pakaian Bisa Tentukan Kesuksesan Karir Pekerja

Unknown

Suka atau tidak, ternyata pakaian yang Anda kenakan bisa dijadikan sebagai alat komunikasi. Salah berpakaian bisa berdampak buruk terhadap kemampuan si pemakai untuk mencapai keberhasilan.

Dilansir Business Insider, Rabu 20 Agustus 2014, Darlene Price, President of Well mengatakan, dalam gambaran secara umum dan beberapa realitas yang ada, pakaian memang tidak selalu mendefinisikan siapa Anda sebagai pribadi, atau menentukan nilai Anda sebagai manusia.

Namun, imbuhnya, dalam dunia temporal manusia, wajar atau tidak, orang lain akan menilai dengan cara melihat kita, termasuk salah satunya cara berpakaian.

“Terutama di tempat kerja, pakaian diketahui sangat signifikan mempengaruhi bagaimana orang lain melihat Anda dan bagaimana mereka merespon ke arah Anda,” ungkapnya.

Para peneliti yang tergabung dalam Researchers at the National Research Council of Canada (NRCC) menemukan, bahwa penampilan Anda akan sangat mempengaruhi persepsi orang lain mengenai kesuksesan Anda, kewenangan, kepercayaan, kecerdasan, dan dapat digunakan perusahaan untuk mempekerjakan atau mempromosikan Anda.

Dan, karena persepsi sering menjadi sebuah realitas, maka apa yang Anda kenakan tidak hanya mengkomunikasikan siapa Anda dalam pikiran orang lain, tetapi juga mempengaruhi tingkat kemajuan karir.

Penelitian NRCC juga menemukan bahwa saat Anda menggabungkan penampilan Anda dengan kemampuan komunikasi, hal itu tidak hanya akan mempengaruhi persepsi orang lain ke Anda, tetapi juga perlakuan mereka ke Anda.

“Pakaian ditambah kemampuan komunikasi akan menentukan diterima atau tidaknya permintaan Anda, mempercayai informasi kepada Anda, dan memberikan akses kepada Anda ke pembuat keputusan, mempekerjakan Anda, atau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan,” katanya.

Berikut adalah tujuh tips untuk memastika pakaian yang Anda kenakan memberikan dampak positif pada kesuksesan Anda:

1. Jangan menampilkan terlalu banyak kulit tubuh.

Artinya, Anda tidak menggunakan rok pendek, baju tanpa lengan, atau sepatu yang nyaris tidak menutupi kaki Anda.

2. Jangan mengenakan pakaian kotor.

3. Jangan mengenakan pakaian yang kusut.

4. Kenakan pakaian yang cocok dan sesuai untuk Anda, jangan menggunakan pakaian terlalu longgar atau ketat.

5. Selalu menggunakan pakaian yang serasi motifnya.

6. Memakai sepatu dan aksesoris lainnya yang tidak terlalu mencolok dan berlebihan.

7. Jangan menggunakan celana pendek. Di beberapa tempat kerja, memang diijinkan karyawannya menggunakan celana pendek. Tetapi, jika Anda benar-benar ingin menggambarkan diri Anda sebagai seorang profesional, jangan mengenakan itu.

“Untuk mencapai kemajuan karier, sebaiknya Anda memilih mengenakan pakaian yang lebih mencerminkan kredibilitas Anda. Pastikan eksterior yang Anda tampilkan dapat mencerminkan siapa Anda,” tambahnya.

Leave a Reply