Tips Sukses ala Miliarder Fashion

Tips Sukses ala Miliarder Fashion

NEW YORK – salah satu miliarder yang memiliki kerajaan mode miliaran dolar Amerika Serikat (AS) dalam waktu kurang dari satu dekade, Tory Burch, membagikan tips-tips bagi para enterpreuner.

Tory Burch tidak hanya membuat pakaian modern, dia juga memanfaatkan pengalaman dan pengaruhnya untuk kebaikan yang lebih besar dengan Tory Burch Foundation, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk memberdayakan pengusaha perempuan.

Perempuan yang masuk dalam 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia versi Forbes ini, telah membantu mengubah gagasan dunia tentang pengusaha perempuan. Sang maestro mode ini membuktikan bahwa perempuan tidak harus menjajakan kue atau cuma meluncurkan sebuah blog.

Tory, miliarder yang menempati posisi 1.342 daftar miliarder dunia, dan 426 di AS versi Forbes ini berusia 46 tahun, dengan total kekayaan mencapai USD1 miliar.

Melansir Forbes, Jumat (24/5/2013), Tory membagi tips bagi para wirausaha, dan pelajaran kepemimpinan yang dia pelajari dengan cara yang keras dalam perjalanan menuju suksesnya yang luar biasa. Menurutnya, ada tujuh langkah yang harus diperhatikan oleh para pengusaha ini.

1. “Ikuti gairah Anda” 
Meskipun Burch dibesarkan sebagai anak yang tomboy, namun dia tetap mengikuti kuliah sejarah seni dan fashion di perguruan tinggi di University of Pennsylvania. Dia terus bekerja untuk desainer berpengaruh seperti Ralph Lauren dan Vera Wang. Ketika dia memutuskan untuk memulai perusahaannya, dia bermimpi memiliki merek global besar.

“Saya tidak pernah merancang sebelum mendirikan perusahaan ini. Tapi (Anda harus) mengambil risiko dan menempatkan diri di luar sana,” katanya.

2. “Tebalkan kulit Anda.” 
Burch telah menggunakan 10 brand untuk perusahaannya sebelum menetapkan untuk menggunakan namanya sendiri. Semua orang mengira dia akan gagal dalam sekejap, karena mencantumkan namanya sendiri pada merek buatnnya, dan menjadikan merek tersebut sangat sensitif terhadap kritik.

Meski demikian, orang tuanya menyarankan dia untuk cuek. “Menjadi sensitif, orang bijaksana membuat Anda terbuka terhadap kritik dan terpengaruh olehnya. Saya mendengar dan mencoba untuk tidak mendengarkan banyak hal negatif,” ungkap Tory.

3. “Taruh orang yang tepat di posisi yang tepat” 
Burch menggambarkan dirinya sebagai orang yang sangat setia, dan salah satu pelajaran bisnis terberat yang dia pelajari, adalah bahwa kesetiaan bisa menjadi kekuatan, dan dapat menjadi kelemahan baginya. Loyalitas, membuatnya enggan untuk melakukan perubahan dalam jajaran stafnya.

“Bila Anda memiliki orang yang salah dalam posisi yang salah itu mempengaruhi seluruh perusahaan. Ini adalah pelajaran keras untuk belajar. Menyadari potensi kekuatan Anda dapat menjadi Achilles bagi anda,” tutur Tory.

4. “Bangun hubungan”
Burch percaya pada jaringannya, dan bekerja sama dengan perempuan lain untuk membantunya sukesk. Karenanya, membuat hubungan yang langgeng akan mempengaruhi perkembangan karir Anda, dan membuat Anda siap untuk sukses.

“Setiap pekerjaan yang Anda miliki mungkin bukan pekerjaan yang sempurna, tapi Anda harus benar-benar mengambil hal-hal yang berbeda, dan Anda menciptakan hubungan,” jelas dia.

5. “Jadilah besar” 
Dalam lima tahun ini, Burch memiliki rencana untuk membuka tiga toko. Di sisi lain, sejak awal membangun merek global dia tahu, dia harus siap dengan kemunduran, namun dia mempunyai beberapa teman editor di dunia majalah yang dapat membantunya mendapatkan liputan dari media.

Keberuntungan itu penting, tetapi kekuatan jaringan dan kolaborasi membantu Anda meningkatkan keberuntungan Anda.

6. “Jadilah otentik” 
Jika berbicara tentang kehidupan pribadinya dan anak-anaknya dia akan menjadi sangat tertutup. Namun, ketika berbicara tentang usahanya, dia merupakan buku yang terbuka. Misalnya, Ketika perusahaannya mengubah sistem operasi, dan mengakibatkan kesalahan dan mengakibatkan mereka tidak bisa melacak pengiriman selama periode enam bulan.

Namun, bukannya bersembunyi, Burch memutuskan untuk merangkul media sosial, dan menjadi transparan dengan pelanggan tentang apa yang terjadi. Hasilnya? Para pelanggannya pun berbalik mendukung dia.

7. “Kencangkan ikat pinggang” 

Ketika Anda melihat seseorang sesukses Burch, mudah untuk melihat keberhasilan karena tujuan yang telah tercapai, bukan karena perjalanan yang berkelanjutan yang dibutuhkan degan kerja keras, solusi kreatif, kemunduran, dan inovasi terus-menerus.

Burch mengakui, menjadi seorang pengusaha tidak sesuai untuk semua orang. Dia harus bekerja berjam-jam, dan waktu mengawali bisnisinya, dia harus membawa anak-anaknya ke tempat tidur, kemudian melakukan kontrak dengan empat kantornya di Hong Kong.

Kemunduran akan selali ada di sana, beberapa bahkan lebih besar daripada tantangan pertama, dan itu penting sebagai kesempatan belajar. “Kencangkan ikat pinggang, karena akan ada sejumlah besar pekerjaan, tapi kita harus bisa menerimanya,” kata Burch.

Leave a Reply